Luluk Tri Wulandari, M.Hum

Website Staff UI
No Description Bulan Tahun
1

Luluk Tri Wulandari, menamatkan S1 di Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI (dulu Fakultas Sastra UI) pada awal abad ke-21, tahun 2000. Kemudian bekerja di Universitas Indonesia Fakultas Psikologi sejak tahun 2000, karirnya kemudian berlanjut dengan dipercaya menjadi Kepala Perpustakaan F. Psikologi UI pada tahun 2001 - 2011. Tahun 2007 anak kelahiran Jakarta ini menamatkan kuliah S2 di departemen yang sama.

Tahun 2012 ia bergabung dengan Perpustakaan UI, kemudian awal tahun 2012 – bulan Juni 2014 diangkat menjadi Koordinator Bagian Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Lulu berusaha membuat sistem dan prosedur untuk memudahkan proses pengembangan koleksi, baik untuk tingkat UI maupun Fakultas. Kemudian Juni – Desember 2014 ia diangkat sebagai Koordinator Pengolahan Perpustakaan. Pada bagian ini Lulu kemudian membuat terobosan untuk proses pengolahan koleksi agar lebih mudah dan terpantau dengan benar prosesnya.

Tahun 2015, melihat beberapa kejadian pahit yang menimpa teman-teman Pustakawannya, Lulu memiliki ide untuk membuat sistem yang memudahkan bagi Pustakawan untuk naik pangkat dan jabatan, awal tahun 2015 hingga akhir tahun 2016 dibantu dengan Direktorat Sistem Teknologi Informasi dan SDM sistem itu selesai dikerjakan.

“Menjadi pembelajar cepat dan selalu bermanfaat” adalah motto dan sikap hidupnya. Sikapnya ini disertai berusaha untuk berfikir positif dan kreatif membuat Lulu memperoleh beberapa penghargaan, yaitu :
1. Pemenang ke-3 Lomba Poster Lingkungan pada Fakultas Psikologi UI, 2004
2. Juara I Peserta terbaik TFT Information Skill, 2007
3. Juara Umum Perpustakaan dengan Kinerja Terbaik se-UI, 2008
4. Juara I Pustakawan Berprestasi UI, 2009
5. Finalis Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional, 2009
6. Juara Harapan II Pustakawan Berprestasi UI, 2013
7. Juara III Pustakawan Berprestasi UI, 2015
8. DIIB Award Kategori Kekayaan Intelektual-Hak Cipta Bersertifikat, 2016
9. DIIB Award Kategori Kekayaan Intelektual-Hak Cipta Terdaftar, 2016
10. Juara III Pustakawan Berprestasi UI, 2017
11. Finalis DOAJ Ambassador for Indonesia, 2017
12. Juara I Pustakawan Berinovasi UI, 2018
13. Juara 1 Pustakawan Berprestasi Nasional, Kemenristekdikti, 2018

Tahun 2008 sebagai Kepala Perpustakaan F. Psikologi UI, bersama dengan Staf-nya mampu meraih penghargaan sebagai Juara 1 dan Juara Umum Perpustakaan dengan KINERJA TERBAIK se-UI
Tahun 2009 Lulu menjadi Juara 1 Pustakawan Berprestasi Universitas Indonesia, kemudian lolos seleksi mewakili UI menjadi Finalis Pustakawan Berprestasi tingkat Nasional. Ajang ini merupakan kali pertama diadakan oleh Kementrian Pendidikan Tinggi untuk tingkat Tenaga Kependidikan.

Tahun 2014 Lulu terpilih sebagai anggota dari Cambridge Asia Library Advisory Board (CALAB) yang mewakili Indonesia. Jaringan internasionalnya dalam bidang Perpustakaan pun semakin berkembang, karena keanggotaan organisasi ini meliputi seluruh Asia ditambah Amerika, Auralia, Inggris dsb. Melalui organisasi ini, Lulu menjadi pembicara yang mewakili Indonesia dalam pertemuan tahunan mereka, yang diadakan antara lain di Malaysia, Korea Selatan dan Indonesia.

Salah satu puncak prestasi anak ketiga dari 5 bersaudara ini adalah menjadi Juara 1 Pustakawan Berprestasi tingkat Nasional, yang diadakan oleh Kemenristekdikti. Lulu mengalahkan 19 Pustakawan finalis lain dari seluruh Indonesia. Prestasinya diangkat dari penerapan sistem aplikasi Pustakawan yang mulai dirintisnya sejak 2015 lalu.

Tahun 2019 melalui seleksi yang diadakan oleh Kemenristekdikti, ibu enam orang anak ini terpilih sebagai anggota Tim Pakar e-resources Ristekdikti. Tugas tim pakar antara lain memberikan pelatihan pada staf pengajar dan Pustakawan di seluruh Indonesia mengenai peningkatan penulisan ilmiah dan pemanfaatan e-resources di Indonesia.

Pada bulan Maret tahun 2019 pula, melalui pemilihan secara demokratis di seluruh tenaga kependidikan UI, dengan perolehan suara terbanyak, Lulu terpilih menjadi anggota Majelis Wali Amanah (MWA UI) mewakili unsur Tenaga Kependidikan di Universitas Indonesia untuk periode 2019 - 2024.


Desember 2019